Solusi Kirim Barang Via Cargo

Jasa Cargo Udara
Solusi Kirim Cepat Antar Wilayah

Jasa Cargo Udara – Merupakan solusi tepat dan cepat pengiriman barang/paket antar wilayah/geografis dalam. Layanan ini cocok bagi Anda yang ingin mengirim barang dalam kondisi yang darurat atau butuh cepat sampai.

 

Ketika pengiriman tidak memungkinkan menggunakan cargo darat atau cargo laut, maka cargo udara adalah satu-satunya jawaban. Pengiriman via udara memiliki keunggulan tersendiri dibanding jenis pengiriman lainnya. Hal ini menyebabkan biaya cargo udara lebih mahal dibanding jenis pengiriman lainnya.

 

Secara geografis Indonesia adalah negara kepulauan dimana 2/3 wilayahnya terdiri dari perairan dengan jarak antar pulau yang rata-rata sangat jauh. Kondisi ini kadang membuat mereka yang berkecimpung di dunia logistik merasa kesulitan mendistribusikan barang ke kota lain di luar pulau atau bahkan ke luar negeri.

 

Untuk mengatasi kesulitan tersebut jasa cargo udara menawarkan solusi pengiriman barang cepat menggunakan cargo pesawat, untuk pendistribusian barang antar pulau bahkan antar negara. Jasa ekspedisi cargo sangat menguntungkan bagi eksportir dan importir karena lebih mudah bagi mereka untuk mengirimkan barang cepat bahkan dalam hitungan jam melalui jasa pengiriman 1 hari.

 

Jasa cargo udara juga merupakan jembatan hubungan bilateral antar negara dimana aktivitas eksport import menjadi kegiatan yang berkelanjutan. Tanpa mengesampingkan peran cargo darat ataupun cargo laut, hadirnya cargo udara membawa andil besar untuk mempermudah kegiatan bisnis dan ekonomi antar negara.

Dokumen Cargo untuk Pengiriman Cargo Udara

Semua jenis pengiriman, termasuk pengiriman cargo membutuhkan dokumen atau surat jalan. Adapun dokumen yang dibutuhkan untuk pengiriman cargo udara dibagi menjadi 2 jenis yaitu: Surat Muatan Udara (SMU) dan Air Way Bill (AWB). Surat Muatan Udara digunakan untuk penerbangan domestik, sementara Air Way Bill digunakan khusus untuk pengiriman internasional.

 

Adapun proses pengiriman cargo udara dilakukan oleh perusahaan jasa cargo dengan menghubungi perusahaan penerbangan sebagai pihak pengangkut untuk mengurus persyaratan pengiriman barang. Setelah semua persyaratan dipenuhi maka pengirim (shipper) akan menerima dokumen khusus sesuai tujuan pengiriman cargo. Setelah itu proses selanjutnya yaitu melakukan reservasi cargo melalui booking procedure.

 

Pihak pabean akan melakukan pengecekan terlebih dulu sebelum barang dikirim. Dalam hal ini pihak pabean yang memiliki kewenangan menentukan apakah barang tersebut layak dikirim atau tidak. Artinya barang yang dikirim tidak tidak melanggar aturan yang ditetapkan oleh pihak kepabeanan. Jika reservasi cargo selesai dan barang dinyatakan lolos, maka barang terlebih dulu disimpan dalam gudang untuk kemudian dikirimkan sesuai jadwal atau reservasi cargo.

 

Ada beberapa istilah yang berkaitan dengan terminologi cargo. Ini penting diketahui oleh eksportir atau importir yang berkecimpung di dunia bisnis terutama yang akrab dengan kegiatan eksport import.

 

Air Way Bill. Merupakan dokumen yang diterbitkan sebagai bentuk perjanjian antara cargo agent/shipper dengan pihak airlines. Dokumen ini juga merupakan bukti pernyataan kontrak kerjasama pengangkutan cargo udara dengan rute yang dilewati oleh airlines yang bersangkutan.

 

Master Air Way Bill. Merupakan dokumen untuk men-cover pengiriman secara individu atau sebagai consol cargo.

 

Cargo Transfer. Merupakan cargo udara yang dikirimkan melalui sebuah penerbangan, kemudian dilanjutkan menggunakan pesawat lain atau pesawat berbeda.

 

Cargo Transit. Merupakan cargo udara yang dikirimkan namun pesawat singgah sebentar di bandara tertentu. Perjalanan pengiriman selanjutnya masih menggunakan pesawat yang sama.

 

Cargo Aircraft. Merupakan pesawat khusus mengangkut cargo dan pos (tidak termasuk pesawat penumpang.

 

 

Standard Operation Procedure Cargo Handling

Selain hal-hal diatas ada beberapa tambahan terminologi cargo yang berkaitan dengan standard operation procedure cargo handling.

 

Storage. Merupakan proses replace atau penempatan cargo di gudang sesuai jenis dan sifat barang. Barang-barang dalam gudang masih dalam proses build up lalu diberangkatkan di lokasi atau negara tujuan.

 

Rebuild Up. Merupakan proses penempatan cargo di ULD (pallet), gerobak, ataupun chart sesuai SOP yang diberlakukan.

 

Unit Load Device (ULD). Merupakan tipe pallet yang digunakan untuk memudahkan pengiriman cargo.

 

Unloading. Merupakan proses pembongkaran cargo dari pesawat kemudian diletakkan di ramp side atau langsung dibawa ke gudang. Proses ini disebut transit cargo / inbound cargo.

 

Cargo Manifest. Merupakan rincian muatan cargo udara yang berisi jenis komoditi termasuk jenis, koli, berat, sesuai yang tertulis di Air Way Bill.

 

Break Down. Merupakan proses penurunan cargo dari ULD/chart sesuai rincian manifest atau AWB untuk mengecek kesamaan jumlah, berat, koli, maupun jenis isi cargo.

 

Pemberitahuan Eksport Barang (PEB). Merupakan dokumen yang diterbitkan pabean untuk memberitahukan pelaksanaan eksport. Dokumen ini berupa tulisan dalam selembar formulir atapun pesan elektronik (email).

 

Daftar Pemberitahuan Barang Ekspor (DPEB). Merupakan daftar muatan barang yang akan diekspor. Daftar ini penting untuk memberitahuan apakah barang ekspor “diangkut lanjut (transit)” atau “diangkut terus”.

 

free pickup jasa pengiriman jakarta

GRATIS JEMPUT BARANG!

Tidak bisa antar barang? Jangan khawatir kami bisa jemput barang anda dan kabar baiknya khusus area DKI Jakarta GRATIS biaya jemput barang.

Butuh Bantuan? Chat Kami